0852 5852 2878 admin@pakettourmalang.id

Air Terjun Coban Rondo

air terjun coban rondo

Batu merupakan bagian dari wilayah Kota Malang yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Maka tak heran jika Batu juga dijuluki dengan Kota Wisata Batu dengan. Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Batu yakni Air Terjun Coban Rondo. Tidak hanya pemandangan air terjunnya saja, di sini juga disuguhkan berbagai wahana menarik yang patut untuk dicoba.

Sejarah Coban Rondo

Nama Coban Rondo tak lepas dari kisah sejarah yang berkembang di sekitar air terjun ini. Coban yang artinya air terjun dan rondo yang dalam Bahasa Jawa berarti janda. Mengapa disebut air terjun Coban Rondo? Karena konon dibalik air terjun adalah tempat bermukim seorang janda bernama Dewi Anjarwati yang ditinggalkan suaminya.

Singkat cerita terdapat pasangan suami istri bernama Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati yang berkeinginan untuk mengunjungi orang tua Dewi Anjarwati. Saat perjalanan mereka bertemu orang asing bernama Joko Lelono yang terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati. Dari situlah terjadi pertempuran Raden Baron Kusuma dan Joko Lelono yang berakhir kematian oleh keduanya. Sedangkan Dewi Anjarwati bersembunyi dibalik air terjun yang sampai saat ini masih dipercaya bahwa ia bermukim di sana.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Coban Rondo

Air terjun yang sangat indah ini berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Batu-Malang. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dari pusat Kota Malang kurang lebih selama 1 setengah jam. Jika dari arah Kota Batu sendiri, lokasi air terjun ini hanya berjarak 12 km. Selain dengan kendaraan pribadi, bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke Air Terjun Coban Rondo. Aksesnya cukup mudah karena kondisi jalanan menuju ke tempat tersebut sudah baik.

Menikmati keindahan air terjun coban rondo cukup murah hanya dengan Rp 8.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif Rp 10.000 saja. Biaya tersebut belum termasuk menikmati wahana yang ada di dalamnya. Namun tidak perlu khawatir, tarif berbagai wahana yang ada di sana cukup terjangkau. Selain itu, dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

Fasilitas Dan Wahana di Coban Rondo

Saat ini banyak sekali wisata air terjun di berbagai daerah yang mulai dikelola dengan baik. Tidak hanya air terjunnya saja yang mejadi pusat perhatian. Namun, kawasan di sekelilingnya yang juga dikelola dengan menambahkan wahana dan fasilitas untuk semakin menambah minat pengunjung. Tak terkecuali dengan wisata Air

Terjun Coban Rondo yang memiliki fasilitas dan wahana seperti berikut ini :

1. Labirin

Selain menikmati pemandangan air terjun, pengunjung dapat menikmati bermain di taman labirin yang ada disekitar kawasan wisata Coban Rondo. Labirin ini merupakan salah satu wahana yang sangat menyenangkan untuk dicoba.

2. Perkebunan Dan Berbagai Macam Satwa

Kawasan wisatanya yang masih asri dan terjaga kealamiannya sehingga masih terdapat perkebunan dan satwa yang ada di sana. Satwa tersebut merupakan satwa liar dan ada juga satwa yang dipelihara dalam kandang. Perkebunannya juga menawarkan hawa sejuk khas pegunungan yang menenangkan.

3. Wahana Fun Tubing

Aliran air terjun tentunya tidak ketinggalan dengan derasnya aliran sungai yang ada di sekelilingnya. Oleh karena itu, derasnya aliran air dimanfaatkan menjadi wahana fun tubing yang bisa dicoba oleh pengunjung. Cukup dengan biaya Rp 35.000 per orang, pengunjung dapat memacu adrenaline untuk mengarungi sungai di sekitar air terjun.

4. Wahana Paint Ball

Satu lagi wahana yang sangat mengasyikkan yakni paint ball. Paint ball merupakan wahana berkelompok yang cocok untuk dijadikan kegiatan bersama rekan kerja atau keluarga besar. Wahana tersebut merupakan wahana baku tembak menggunakan pistol mainan dan peluru karet. Bagi yang ingin menikmati permainan di wahana ini cukup dengan Rp 450.000 per kelompok yang berisi sekitar 6 orang.

5. Arena Outbond dan Berkemah

Kawasan wisata Coban Rondo ini masih memiliki lahan yang sangat luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan outbond dan berkemah. Bagi yang ingin berkemah tersedia lahan luas yang juga merupakan Bumi Perkemahan Coban Rondo.

6. Fasilitas Umum Lainnya

Tidak ketinggalan fasilitas umum yang menunjang kegiatan pengunjung selama di sana. Fasilitas tersebut tentunya seperti warung, tempat ibadah, toilet, serta terdapat penginapan yang dekat dengan lokasi air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter. Termasuk air terjun yang cukup tinggi dan sangat indah untuk dinikmati deburan air dan pemandangan yang ada di sekitarnya. Selain itu terdapat daya tarik lainnya yang membuat Coban Rondo sayang untuk dilewatkan seperti berikut ini :

1. Pemandangan Di Sekitar Air Terjun

Pemandangan tebing-tebing tinggi dengan gradasi warna yang sangat indah menambah keindahan air terjun ini. Selain itu, pepohonan yang lebat membuatnya semakin sejuk dan cocok dijadikan tempat relaksasi.

2. Mitos Yang Berkembang Di Dalamnya

Terdapat mitos yang cukup menarik di sini yaitu bahwa Dewi Anjarwati masih dipercaya bermukim dibalik air terjun. Sang Dewi yang ditinggal pergi suaminya dan meratapi kesedihannya menjadi seorang janda. Dari situlah masih terdapat kepercayaan bahwa pasangan yang berkunjung ke sana akan putus yang disebabkan oleh ratapan Dewi anjarwati. Namun, hal ini hanya sekedar mitos dan tergantung kepercayaan masing-masing.

3. Hutan Yang Ada Di Sekitar Air Terjun

Masih terdapat hutan dan lahan yang sangat luas di sekitar kawasan Coban Rondo. Kawasan ini adalah Bumi Perkemahan Coban Rondo yang sering digunakan untuk aktivitas berkemah. Selain berkemah, pengunjung juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati kawasan hutan pinus dan tanaman eucalyptus.

Itulah keindahan Air Terjun Coban Rondo yang bisa memanjakan pengunjung dengan beragam wahana dan fasilitas yang dimiliki. Seperti pada kunjungan pada kawasan air terjun pada umumnya sebaiknya dilakukan saat cuaca terang dan tidak hujan.

Baca artikel wisata lainnya : Museum Angkut Malang

Leave a Reply