0852 5852 2878 admin@pakettourmalang.id

Museum Angkut Malang

museum angkut malang

Kota Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi terlebih di kota wisata batu. Jika berkunjung ke kota Batu alangkah rugi rasanya jika tidak menyempatkan mampir ke Museum Angkut Malang. Karena museum angkut dapat menjadi tempat berwisata dan belajar mengenai banyak transportasi di berbagai belahan dunia. Inilah review mengenai museum angkut.

Pembangunan Museum Angkut

Pengelola Jawa Timur Park grup Resmi membuka Museum angkut pada 9 Maret 2014. Sebelumnya Jawa Timur Park grup telah membangun beberapa edukasi wisata sebelum Museum Angkut Malang . Seperti Batu Secret Zoo, Jatimpark 1 dan 2, Batu Night Spektacular, Museum Satwa, dan eco green Park.

Tujuan pembangunan museum angkut malang ialah sebagai wahana edukasi yang dapat memberi pemahaman mengenai sejarah kendaraan didunia. Dengan harapan pengunjung yang datang dapat memetik pelajaran yang terjadi pada masa lalu.

Wahana Museum Angkut

Museum ini memiliki koleksi alat transportasi yang lengkap yang berasal dari berbagai belahan dunia. Lebih dari 300 unit koleksi alat transportasi yang dimiliki oleh museum ini. Ada berbagai motor dan mobil kuno, unik dan antic di dalamnya baik yang bisa dijalankan dengan mesin maupun yang belum memiliki mesin. Museum angkut memiliki beberapa zona , antara lain :

Zona Hall

Saat pertama kali memasuki ruangan museum angkut maka zona yang pertama kali akan dimasuki ialah zona hall. Zona hall ialah zona yang berbentuk seperti aula besar dengan desain yang sangat mewah. Di dalamnya juga dapat dilihat koleksi kendaraan yang popular dari berbagai zaman di seluruh dunia.

Zona Edukasi

Bagian kedua dari Museum Angkut Malang ialah Zona edukasi. Zona ini menyimpan berbagai macan Transportasi jenis alat angkut yang memiliki nilai sejarah baik dari Indonesia maupun luar negeri. Hal tersebut merupakan representatif dari perwujudan visi dan misi pengelola yaitu jatimpark grup.Zona ini memiliki luas 900 meter persegi yang mana zona ini akan menarik perhatian para pecinta dunia otomotif. Di dalamnya terdapat mobil yang begitu menarik perhatian pengunjung yaitu mobil Chrysler Windsor yang pernah dinaiki oleh presiden Soekarno.

Zona Sunda

Dalam zona ini membuat pengunjung merasa berada di Batavia tempo dulu pada masa colonial belanda dengan dominasi penampakan penduduk belanda. Landmark yang berada dalam zona ini adalah replica menara syahbandar. Terdapat juga berbagai macam tipe angkutan yang terdapat pada zaman masa penjajahan Belanda di Indonesia dan Masa colonial Eropa di Indonesia.

Zona Gangster Town Dan Broadway Street

Rata-rata pengunjung mengungkapkan bahwa zona ini merupakan zona terfavorit. Karena zona ini memiliki desain seperti dalam film-film Amerika dengan tema gangster pada zaman Al capone yang popular di tahun 1970-an.
Di Zona ini juga terdapat berbagai macam angkutan juga beberapa latar apik yang dapat dijadikan zona berfoto bagi para pecinta selfie. Para pengunjung juga di izinkan untuk berfoto dengan model museum yang mengenakan kostum ala gangster.

Zona Eropa

Nuansa malam akan terasa dari suasana zona eropa Museum angkut malang yang satu ini. Di dalam zona ini terpajang angkutan transportasi negara-negara Eropa seperti Belanda , Perancis, Italia, Jerman dan Inggris.
Terdapat berbagai macam miniature berupa icon berbagai negara yang terpampang di dalamnya. Seperti menara Eiffel, Replika tembok German, Polisi Nutcraker, Jembatan Big bang dan Ornamen Harrods.

Zona Hollywood

Ketika pengunjung menginjakkan kaki pada zona Hollywood maka saat itu pengunjung akan merasakan suasana Hollywood. Zona ini juga termasuk zona favorit yang terdapat pada museum angkut malang. Koleksi angkutan yang sering digunakan saat syuting di film Hollywood akan dapat dilihat wisatawan di zona ini. Di dalamnya pun juga terdapat patung tokoh Hulk.

Zona Pasar Apung

Seperti namanya, zona pasar apung berisikan tentang beberapa penjual yang menawarkan berbagai macam jajanan kuliner dan berbagai aksesoris. Desainnya pun dibuat sama persis dengan suasana pasar apung yang ada di desa

Margasari Balikpapan.

Setidaknya terdapat 30 stand yang menjual berbagai macam oleh-oleh dengan Suasana sangat tradisional oleh pemandangan perahu-perahu yang mengapung.

Zona Las Vegas

Indahnya malam akan terasa lebih berwarna dengan adanya icon gerbang las vegas. Di dalamnya terdapat berbagai model kendaraan. Pengunjung akan merasakan sensasi kemewahan dan kemegahan las vegas yang glamour dan modern di museum angkut.

Zona Sunda Kelapa

Dalam zona ini wisatawan dapat menikmati suasana pelabuhan sunda kelapa zaman dahulu. Pihak museum mendesain zona ini semirip mungkin dengan pelabuhan sunda kelapa sehingga wisatawan dapat merasakan seolah-olah berada pada masa itu.

Beberapa toko yang ada pada pelabuhan di masa itu juga dapat dilihat di dalamnya. Menariknya toko-toko tersebut bertuliskan ejaan bahasa Belanda yang dipakai pada masa itu. Perkembangan Sunda kelapa dan Batavia dari masa ke masa dapat dilihat dan dipelajari pengunjung yang masuk kedalam zona ini.

Zona Flight Training

Tidak hanya menyuguhkan transportasi darat saja, museum angkut juga memamerkan transportasi udara seperti pesawat dan helicopter. Flight training Disediakan dalam zona ini agar pengunjung dapat belajar bagaimana cara menerbangkan pesawat. Juga disediakan petugas sebagai kokpit yang akan mendampingi untuk belajar menerbangkan pesawat.

Zona D’Topeng

Bukan hanya transportasi, Namun Museum angkut Malang Zona d’topeng yang menyuguhkan berbagai macam peninggalan dan koleksi senjata tradisional. Dalam Indonesian Heritage Museum atau juga disebut D’topeng juga terdapat ribuan koleksi unik benda asli Indonesia dan negara-negara lain.

Fasilitas Museum Angkut

Untuk melengkapi kenyamanan pengunjung, Museum angkut menyediakan berbagai macam fasilitas seperti Shuttle car yang dapat digunakan untuk berkeliling ke semua wahana. Lift untuk memudahkan pengunjung menjelajah wahana. Food Court untuk beristirahat dan menikmati makanan khas jawa timur.

Charging Station untuk mengisi ulang baterai handphone. ATM Center untuk pengunjung melakukan pengambilan uang. Smoking area yang disediakan untuk pengunjung yang merokok. Pusat Informasi Untuk mendapat info rekomendasi wahana dan bermanfaat untuk mengumumkan jika ada anggota keluarga yang terpencar.

Tempat Ibadah untuk kaum muslim. Loker untuk menitipkan barang bawaan. Dan Museum angkut juga memiliki area parkir yang cukup dan nyaman.

Baca artikel wisata lainnya : Taman Rekreasi Selecta

Harga Tiket, Alamat Dan Jam Operasional

Museum angkut terletak Di ujung jalan yang pada umumnya disebut jalan kembar . Alamatnya Jl. Sultan Agung No.2 Ngaglik yang berada di kota Wisata Batu. Tepatnya berada di pusat kota di dekat stadion brantas dan jatimpark 1.

Museum angkut melayani pengunjung pada jam 12.00 hingga 20.00 . Untuk harga tiket berkisar antara 70 hingga 120. Jika membawa kamera selain kamera Hp akan dikenakan biaya tambahan.

Itulah review mengenai Museum angkut malang yang dapat diinformasikan. Museum angkut merupakan edukasi wisata yang patut dikunjungi karena memiliki banyak wahana yang menarik. Dengan berkunjung ke museum angkut tidak hanya akan mendapat kesenangan saja tetapi juga pengetahuan tentang sejarah transportasi.

Leave a Reply